Presiden Direktur PT Paradigma Putra Sejahtera Adi Agung Tirtamarta mengatakan, 24 buah rock crystal (kristal batu) berusia 1.000 tahun yang ditemukan dari muatan kapal tenggelam di perairan utara Cirebon, Jawa Barat, diyakini berasal dari Dinasti Fatimiyah yang hijrah ke Mesir.

Menurut Wikipedia Indonesia, Dinasti Fatimiyah mengklaim sebagai keluarga keturunan Nabi Muhammad dari Fatimah dan Ali bin Abi Thalib. Fatimah merupakan putri bungsu Nabi Muhammad dari istri pertama, Khadijah.

Saat ini, rock crystal tersebut dipamerkan di gudang penyimpanan di Pacuan Kuda Pamulang, Jawa Barat. Tak kurang dari lima rock crystal dapat dilihat oleh para calon peserta lelang dan pekerja media.

Soal nilai, Adi tidak mengungkapkannya. Namun, disampaikannya, sebuah rock crystal rusak belum lama ini terjual sekitar 400.000 euro atau setara Rp 5 miliar. Sedangkan rock crystal yang ditemukan di Cirebon dalam kondisi utuh dan baik.

Selain rock crystal, dari muatan kapal karam berusia 1.000 tahun itu juga ditemukan peninggalan bernilai sejarah lainnya. Total terdapat 272.381 artefak yang diangkat dan akan dilelang pada Rabu (5/5/2010) besok. Nilai barang muatan kapal tenggelam itu diperkirakan mencapai Rp 720 miliar.

Sumber:http://nasional.kompas.com/read/2010/05/04/15384873/Kristal.Itu.Milik.Keluarga.Nabi.Muhammad-4

Advertisements