Bendera ini melambangkan warna kebanggan kaum gay yang mudah dikenali masyarakat.
Simbolisme multikultural dari warna pelangi itu sendiri bukanlah sesuatu yang baru. Ia mengambil bagian dalam beberapa mitos dan cerita yang berkaitan dengan isu-isu gender dan seksualitas di Yunani, Native Amerika, Afrika, dan budaya lain.

Arti per-warna :
– Red: light; (cahaya/terang)
– Orange: healing; (penyembuhan)
– Yellow: sun; (matahari)
– Green: calmness; (ketenangan/kedamaian)
– Blue: art; (kesenian)
– Lilac(ungu) : the spirit; (semangat)

Berbagai model peletakkan bendera

Tahun 1978, Gilbert Baker San Francisco merancang dan membuat bendera dengan enam garis mewakili enam warna pelangi sebagai simbol kebanggaan masyarakat gay.

Saat ini bendera tersebut diakui oleh International Congress of Flag Makers, dan berkedar sebagai kebanggaan march gay di seluruh dunia.

Di San Francisco, Rainbow Flag terdapat di mana-mana, seperti: terlihat tergantung di jendela apartemen di seluruh kota (terutama di daerah Castro), bar lokal sering juga menampilkan bendera tersebut, spanduk dan Rainbow Flag juga digantung dari lampposts di Market Street (jalan utama San francisco) sepanjang Pride Moth.

Walupun pertama hanya banyak di San Fransisco, tampaknya sekarang sudah menyebar ke kota-kota lainnya seperti New York, West Hollywood, Amsterdam, dan beberapa kota lainnya.

Sangat menarik untuk dicatat bahwa bendera dari warna tersebut digunakan untuk barang-barang yang lain juga banyak, seperti mugs/cangkir, handuk pantai, tee-shirt, dll untuk dijual di toko-toko suvenir.
Ada yang minat beli?

Contoh penggunaan dalam baju atau barang

Contoh maho-maho yang bawa bendera

Advertisements